Lippi Bakal Lakukan Perubahan Skuad Azzurri

Marcello Lippi memberikan indikasi akan mengadakan perubahan di dalam tubuh timnas Italia. Pelatih yang sukses membawa Azzurri menjadi juara Piala Dunia 2006 tersebut mengisyaratkan, dia fokus menggabungkan pemain-pemain muda dan berpengalaman agar skuad Italia lebih variatif.

Mantan pelatih Juventus berusia 60 tahun asal Viareggio ini sedang mempersiapkan tim menghadapi babak kualifikasi Piala Dunia 2010. Mereka akan memulai perjalanan untuk mempertahankan trofi paling bergengsi di dunia tersebut pada bulan September nanti.

Meskipun cukup berisiko, tapi Lippi punya alasan yang cukup masuk akal. Dia tak sepenuhnya menggunakan skuad lama yang menjuarai Piala Dunia Jerman 2006 lalu, karena menurutnya, pemain-pemain muda akan menjadi kunci kesuksesan Italia pada turnamen yang akan datang.

"Kemenangan di Berlin adalah hasil kerja keras dua tahun lalu. Sekarang, kami harus memulai pekerjaan baru untuk membangun Italia baru. Menjadi juara Piala Dunia akan menjadi dasar untuk membangun skuad yang baru dengan mental juara," ungkap Lippi kepada Stadio News, Rabu (9/7).

"Para pemain? Saya belum menentukan siapa saja pemain, namun saya optimistis dengan kekuatan yang ada. Kami memiliki tim U-21 yang hebat dan merupakan salah satu yang terbaik di sepakbola. Saya telah menyaksikan kemajuan para pemain muda itu dan mereka bakal jadi garansi kami untuk masa mendatang," tambah pelatih berambut putih itu.

Lippi kembali menduduki kursi pelatih timnas, untuk mengganti Roberto Donadoni yang dipecat karena dinilai gagal memenuhi target untuk membawa Italia minimal menembus semifinal Piala Eropa 2008. Pada turnamen yang berlangsung di Austria-Swiss, 7 - 30 Juni itu, langkah Azzurri tertahan di perempat final setelah mereka kalah adu penalti lawan Spanyol. (GL/LOU)
Kompas

Template by : kendhin x-template.blogspot.com