Provokasi Piturca untuk Belanda

Jelang pertemuan dengan Belanda, pelatih Rumania Victor Piturca melancarkan provokasi. Menurut Piturca, bertemu kembali dengan Italia dan Prancis bukan hal yang menguntungkan bagi Belanda.

"Menurut saya, Belanda sebaiknya tidak bertemu dengan Prancis atau Italia," ujar Piturca di Bern, Senin waktu setempat atau Selasa WIB, ketika ditanya apakah Belanda akan membiarkan Rumania menang atau setidaknya bermain imbang.

Pernyataan ini semakin memanaskan atmosfir di Grup C menjelang pertandingan terakhir yang akan menentukan siapa pendamping Belanda lolos ke perempat final. Sebelumnya kubu Italia mencurigai kemungkinan Belanda akan "main mata" dan memberikan kemenangan kepada Rumania.

Rumania sekarang berada di atas angin dan punya peluang lebih besar dari Italia dan Prancis. Rumania akan lolos bila menang melawan Belanda atau bermain imbang dengan catatan partai Italia melawan Prancis juga imbang. Piturca mengatakan, dirinya hanya fokus dengan pertandingan melawan Belanda, tidak mau memikirkan pertandingan Prancis melawan Italia. "Ketika pertandingan berakhir aku akan mengetahui hasilnya. Aku hanya ingin hasil terbaik. Apapun bisa terjadi dalam pertandingan Italia dan Prancis, mereka akan bermain terbuka," ungkapnya.

Mengenai Belanda, Piturca mengakui bahwa kesebelasan Belanda yang ada di putaran final Euro 2008 ini lebih kuat dari kesebelasan Belanda saat kualifikasi Euro 2008. Rumania mengalahkan Belanda 1-0 di kandang dan bermain imbang 0-0 dalam partai tandang ketika bertemu di kualifikasi. "Saat kualifikasi Belanda tidak dalam form terbaiknya, kini mereka dalam kondisi yang sangat baik secara fisik maupun mental," kata Piturca.

Rumania tidak akan diperkuat gelandang Mirel Radoi yang menderita cedera saat melawan Italia dan bek Dorel Goian yang harus menjalani skorsing.(AP/ROY)

sumber: bolaropa.kompas.com

Template by : kendhin x-template.blogspot.com